Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Gethuk

Gethuk Indonesia memiliki aneka macam kebudayaan, adat istiadat, bahasa dan tak terkecuali makanan atau kulinernya. Kuliner Indonesia memiliki beraneka ragam. Dari sabang sampai merauke memiliki makanan khas masing masing.Gethuk terbuat dari singkong yang direbus kemudian dihaluskan atau ditumbuk. Gethuk memiliki rasa yang manis. Gethuk ada dua jenis, jenis ini didasarkan warnanya. Ada Gethuk yang berwarna coklat karena berbahan dasar gula jawa, sedangkan Gethuk yang berbahan dasar gula pasir berwarna putih kekuning-kuningan. Sedangkan jajan pasar yang lain yang tak kalah enaknya misalnya: onde-onde, ongol-ongol, tiwul, cenil, kue cucur, serabi ,  nagasari juga putu.

Gethuk

Hingga saat ini jajan pasar masih diminati warga di negeri ini meskipun begitu banyak toko dan kios-kios bakery juga menawarkan olahannya.Selain itu biasanya jajan pasar juga dipesan oleh mereka yang punya  hajat seperti prosesi tujuh bulanan (tingkepan) juga sering ada suguhan jajan pasar dalam tampah yang salah satu isinya adalah gethuk dan kumpulan jajanan pasar asli Indonesia.

gethuk
Gethuk, Foto : nyelo.blogspot.co.id

Mungkin muncul pertanyaan dalam benak kita, mengapa dinamakan jajan pasar ? Jawabannya adalah karena jaman dahulu di Indonesia belum ada supermarket, jajanan tersebut di jual di pasar-pasar tradisional saja sehingga sampai sekarang disebutnya jajan pasar, meski gethuk di swalayan atau hipermarketpun jajanan  pasar juga di jual.

Resep Kue Gethuk Singkong
Bahan :
  • 1 kg singkong
  • 1/2 kg gula merah
  • 1 buah kelapa muda diparut
  • gula pasir secukupnya

Cara Membuat Gethuk Singkong

  1. Singkong dikupas kemudian dikukus, setelah empuk, selagi masih panas ditumbuk dengan gula merah, campurkan sebagian kelapa parut.
  2. Kalau sudah dicampur betul diratakan dalam loyang dengan tebal 2 cm.
  3. Dihidangkan dengan dipotong-potong berbentuk wajik dan diatasnya diberi parutan kelapa dan gula pasir.
  4. Selamat Mencoba !

Demikian artikel gethuk kami sajikan atau mungkin anda tertarik dengan artikel resep-resep lainnya.Semoga artikel Gethuk dapat bermanfaat untuk anda semua.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Gethuk di blog Getuk Lindri jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com